Saturday, May 29, 2010

My minimalist peripheral and software in making soul music

Berikut spek komputer yang menurut saya masih dibilang sangat ketinggalan jaman untuk memproduksi suatu musik. Namun sampai saat ini akselerasi dan kecepatan masih  ok loh ! tertolong dengan sound card :) dan software yang masih saya gunakan untuk produksi sampai saat ini.

Berikut terakhir yang saya produksi :

Boss - NEO --> available at YOUTUBE

Bintangku - NEO available at YOUTUBE

Jingle Honda - Lets Get The Beat kolaborasi dengan Deny Chasmala

Cinta - Dewi Sandra

NATIVE --> band baru baru saya dengan aliran Soul HipHop yang Insya Allah akan launch mini albumnya tahun ini.

Berikut peripheralnya

Computer Hardware :

1. AMD Athlon 1 Ghz.

2. Memory 1.25 GB masih SDRAM

3. Sound Card MIA Echo

4. VGA card NVIDIA RIVA TNT2 64 MB

Software dan Plugin  yang sering saya gunakan sampai saat ini :

1. Cubase SX 1

2. Addictive Drum

3. PlugSound ( Drum, Keyboard, Bass, Synthesizer, Rhodes, Piano, dll)

4. Battery ( Sampler )

5. Super Quartet ( Piano, Bass, Drum )

6. East West Silver Edition ( String, Orchestra )

7. Music Lab Real Gitar

8. Virtual Guitarist

9. Arturia Minimog V

Untuk temen-teman yang masih mempunyai spek komputer yang kecil jangan berkecil hati saya anjurkan untuk membeli Sound Card Profesional seperti Mia Maudio yang murah meriah mantab. Sound Card sangat membantu sekali untuk mem-boosting kecepatan dalam memproduksi musik. Makanya saya masih menggunakan Cubase SX 1 daripada menggunakan Cubase 5 yang terakhir atau Nuendo 4. Kenapa ? ya karena spek komputernya masih belum mencukupi tapi hal ini tidak mengganggu kinerja atau sound yang dihasilkan.

Pesennya jangan latah beli hardware dan software yang dikit2 upgrade.

Knowledge wajib  di upgrade tapi bukan berarti setiap ada yang baru kita mesti beli dan upgrade juga. Yang paling penting adalah skill yang terus kita upgrade :)

Jadi apapun spek komputer dan software yang kita gunakan jika skill dan tastenya ok,  maka output yang dikeluarkan akan ok juga..

Maksimal kan yang ada jika sudah maksimal dan dirasa perlu upgrade hardware dan perlu install software yang baru ( ingat jika perlu ya....bukan pengen.. hehe ) nah.. silahkan di upgrade

Sekian, semoga bermanfaat.

Udet

1 comment:

  1. kalo neo ama dewi sandra ane udah tau kalo ente yang bikin mas, tapi kalo Jingle Honda – Lets Get The Beat, wiiidiiihhh mas juga ternyata yg bikin, keren uy, :D

    software musik yg ane tau cuman Goldwave mas buat edit lagu kalo mo dibikin ringtone hape,hohohohohohh

    ReplyDelete