Wednesday, July 11, 2018

7 Trik Mudah Memilih Software Payroll di Indonesia

Software Payroll Terbaik - Di era digital ini banyak perubahan cara manusia baik dalam bersosial, berbelanja, berinteraksi, bekerja hingga cara orang menilai seseorang dari jumlah followers hehe..

Begitu juga dalam dunia pekerjaan banyak sekali transformasi cara orang bekerja terutama di dunia informasi teknologi dari internet yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi perusahaan hingga software-software yang membantu perusahaan baik dalam mengurus keuangan sampai dalam pengelolaan sumber daya manusianya atau HRD.

Kali ini saya mencoba sharing tips bagi perusahaan yang ingin melakukan transformasi dalam pengelolaan SDM ke dalam suatu sistem HRD namun masih bingung parameter apa saja yang harus dimiliki oleh suatu software payroll di Indonesia. Bukan hanya bagus trik analisa ini bisa mengetahui apakah perusahaan pemilik software tersebut mempunyai kredibilitas yang kuat dan mempunyai tim support setelah

Berikut cara mudah dan simpelnya

1. Lihat Websitenya 

Setelah menemukan suatu nama software payroll lihat websitenya gimana tampilannya apakah secara User Experience (UX) dan User Interface (UI) sudah kekinian karena jika sudah, otomatis dari hulu sampai hilir secara UX/UI ngikut pada softwarenya juga. Yang saya maksud kekinian adalah silahkan cek website Gojek, Grab, Tokped, atau Bukalapak begitulah feelnya website2 kekinian selain loadingnya cepat, responsive, dan mudah digunakan seperti juga tampilan software kasir yang saya sebut di atas.

Cek semua isi yang ada dalam website menu-menu apa saja, cek semua halamannya, apakah ada blognya yang selalu update, misal ada chat, coba chat apakah responsive customer care-nya, atau adakah error di halaman tertentu, dll. Ya ibaratnya pas kita masuk rumah teman atau kantor pasti pertama kita lihat suasanya rumah/kantornya kan? Bersih apa gak, mejanya rapih gak, ada resepsionisnya atau tidak, santun dan ramah gak, dan lain lain. Nah ini yang saya maksud first impresinya gimana? kalo pertamanya OK Insha Alloh perusahaan tersebut mempunyai produk yang OK juga.

 2. Lihat Sosial Medianya 
Setelah websitenya lihat sosial medianya apakah Twitternya, Facebook, Instagramnya, Linkedin, Google Business, dan lain-lain, apakah aktif, responsif, update dan lain lain. Selalu update adalah hal yang terpenting pada jaman now ini.

3. Lihat Fiturnya 
Sekarang barulah kita cek fitur yang ditawarkan dari software teresbut antara lain yang wajib dimiliki dari software payroll perhitungan payroll/gaji, absensi, mengitun BPJS, PPh21, klaim, hitung lembur, request cuti, laporannya yang semuanya terintegrasi.

Selebihnya silahkan cek fitur-fitur yang anda anggap cocok dengan perusahaan anda yang sangat membantu pekerjaan HRD setiap bulannya. Sukur-sukur semua fiturnya bisa dicoba secara gratis!

4. Pengalaman atau Penghargaan 
Lihat pengalaman perusahaan tersebut apakah baru atau sudah berpengalaman. Jika manusia sajatidak ada yang sempurna apalagi software? 🙂 Jika perusahaan software tersebut sudah berpengalaman pasti software tersebut makin minim terhadap kekurangan atau error dan fiturnya pun makin lengkap dan stabil tentunya. Namun bukan berarti para startup software payroll yang baru jelek ya, boleh jadi start up baru tapi orang-orang yang di dalamnya adalah kumpulan orang-orang lama yang sudah berpengalaman di bidang software payroll. Jadi perlu juga cari tahu kompetensi orang-orang prinsipalnya yang bekerja di perusahaan tersebut selain mencari tahu tentang perusahaannya. Cek juga perusahaan-perusahaan yang sudah menggunakan software payroll tersebut. Biasanya di wesbite mereka ditampilkan nama-nama perusahaan yang sudah menggunakan software payroll tersebut berikut dengan testimoninya. Dan jika ada, di websitenya menampilkan penghargaan/awards bahkan sertifikasi yang sudah mereka dapat atas software yang mereka buat. Ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih software payroll terbaik yang tepat.

5. Support atau After Sales
Ini juga gak kalah penting, jangan lupa menanyakan tentang supportnya jangan sampai salesnya getol pas jualan aja telpon dan WA kita, tapi pas sudah closing alias after sales malah slow response hehe *pengalaman* Ingat ujung-ujungnya suatu produk itu adalah service atau layanan.

6. Harga 
Kalau yang ini mah sudah wajib harus di cek dan dibandingan dengan yang lain berikut dengan fitur-fitur dan layanan apa saja yang didapat dengan harga yang ditawarkan. Ujung-ujungnya harus disesuaikan dengan budget perusahaan bukan?

 7. Fleksibilas
Dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya tentang fleksibiltas software payroll tersebut apakah fitur-fiturnya bisa mudah dirubah atau diedit customize sesuai dengan ekosistem yang ada di perusahaan anda. Misal jika ada perubahan kebijakan di perusahaan, anda dapat langsung menyesuaikan dengan software yang anda gunakan.

Dari 7 trik di atas, saya coba-coba stalking dari beberapa penyedia software payroll terbaik di Indonesia dan merekomendasikan SunFish Go kepada anda untuk mencobanya secara Gratis. Kenapa? selain cocok dengan ciri-ciri di atas anda juga bisa cek langsung ke websitenya Disini

Berikut penampakan dari fitur dan softwarenya





Demikian semoga bermanfaat untuk menjadikan tulisan ini sebagai referensi anda dalam memilih software hrd yang cocok di Indonesia.

Baca juga artikel lain di blog saya udet.web.id

No comments:

Post a Comment